Alat Permainan Peabody

kakak beradik Elizabeth Peabody adalah pendidik,penulis dan pendiri Taman Kanak Kanak (kindergarten) pemerintah yang pertama di Amerika Serikat. Mereka mengarang dan membuat perangkat bahasa yang di pakai di TK. Disamping itu mereka menciptakan test perkembangan bahasa yang dikenal dengan Peabody individual Achievement Tets (PIAT) dan Peabody Picture Vocabulary (PPVT). 
Dalam perangkat bahasa tersebut terdapat :

  1. dua boneka tangan 
  2. satu tongkat bola ajaib
  3. kotak pintar
  4. boneka jari
Dimana disini saya Hani Miranti mahasiswi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Padang mencoba untuk membuat sebuah media pembelajaran yang dapat mengembangkan bahasa anak . yang pertama saya membuat dua buah boneka tangan seperti berikut :





pada pembuatan boneka tangan ini bahan dan alat yang saya gunakan yaitu,kain planel ,benang wol, pita, kapas ,benang dan penjahit , gunting .

cara pembuatan :
kain planel terlebih dahulu kita pola kan sesuai tema, disini saya mengambil tema diri sendiri , lalu setelah saya membentuk pola gunting pola dan jahit sesuai bentuk dan pada begian kepala di isi dengan kapas agar terbentuk. 


kedua saya membuat kotak pintar yang berisi kartu kartu gambar . 



bahan dan alat :
kertas karton,kain plane , kertas warna (origami) , pensil, lem kayu, benang wol,penjahit,rol .

cara pembuatan :
kertas karton , di ukur sesuai ukuran yang kita inginkan , lalu potong di sisi sinya yang tapi tidak sampai terputus , kemudian direkatkan kembali menggunakan lem  di biarkan sampai mengering , setelah kering potong kain planel sesuai dengan ukuran kotak lalu dijahiy menggunakan benang wol , lalu potong kertas karton berukuran 5cm diberi kertas warna warni sehingga menarik bagi anak dan kita juga bisa mengkombinasikan kartu gambar dengan gambar buah buahan ,binatang dll yang dalat memberikan pembelajaran dan anak dapat menyebutkan kembali gambar tersebut. 



ketiga saya mencoba membuat tongkat ajaib  :

alat dan bahan :
disini saya masih menggunakan alat dan bahan yang sama seperti di atas saya menggunakan kain planel,kertas karton,lem,pensil dan penggaris .

cara pembuatan :
membuat ukuran panjang tongkat sesuai ukuran yang kita inginkan ,memberikan hiasan pada tongkat ajaib,dan saya menambahkan sebuah magnet kecil pada tongkat ajaib pada bagian atasnya , guna untuk menumbuhkan rasa keingintahuan anak yang tinggi, dan disini saya menggunakan gambar tempelan kulkas sebagai sesuatu yang agak terlihat menarik bagi anak , sehingga anak dengan antusiasnya bertanya , kenapa buah apel bisa menempel pada tongkatnya buk ? dan disini kita juga bisa berbagi kepada anak tentang benda apa yang dapat ditarik oleh magnet . begitu lah menurut saya :) 

kemudian yang ke-empat saya mencoba untuk membuat alat permainan yang diciptakan oleh peabody dalam pengembangan bahasa ,yaitu boneka jari :

alat dan bahan yang diperlukan :
kain planel,benang,penjahit,gunting dan lem.

cara pembuatan :
sangat sederhana sekali saya hanya memotong dari bagian kain planel dan memberikan mata bibir dan mulut sebagai hiasannya agar terlihat menarik , disini tujuan saya membuat boneka jari seperti di atas yaitu selain untuk mengembangkan bahasa anak kita juga bisa mengenalkan nama nama jari mulai dari jempol,telunjuk,tengah,manis,dan kelingking , kita bisa menggunakannya sambil bernyanyi setelah bernyanyi kita menggunakan metode tanya jawab dengan si anak , tujuan kita disini yaitu anak mampu menceritakan kembali atau menyebutkan kembali nama anggota anak jari tersebut . 

sekian alat permainan ini saya buat. jika banyak kekurangan saya mohon kritikan dan saran dari saudara pengunjung untuk memberikan masukannya agar dapat membangun saya menjadi lebih baik kedepannya . 
terimakasih. :) 

1 komentar:

  1. mainan yang cocok untuk anak anak,,,tidak berbahaya,,dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya,,,,mantap gan

    BalasHapus