Pengembangan Bahasa A.U.D

Pengembangan Bahasa A.U.D



1. Media : wayang
2. Metode : 
  • Bercerita dengan wayang
  • Tanya jawab
3. Penjelasan dalam menggunakan media dan metode mengajarkan pada anak :


Pada stimulasi yang dilakukan pada anak ,Sebelum memulai suatu pembelajaran guru mengucapkan salam kepada anak anak dan tanya jawab dengan anak kemudian guru mengajak anak untuk membaca doa dan meminta salah satu dari anak tersebut untuk memimpin doa sebelum belajar . setelah membaca doa guru membuat kesepakatan dengan anak untuk mendengarkan cerita yang akan di bacakan oleh guru . setelah membuat kesepakatan dengan anak guru bisa memulai suatu pembelajaran dengan metode bercerita dengan wayang ,dan guru dapat merancang bentuk wayang sesuai dengan cerita yang akan disampaikan kepada anak dan mudah untuk dipahami oleh anak .

Dalam menggunakan metode bercerita dengan wayang , guru hendaknya menggunakan papan wayang atau bisa juga dengan papan polos dimana disana guru sebagai dalangnya .

Selanjutnya guru bercerita dengan wayang tersebut sesuai dengan cerita yang telah di buat oleh guru yang mudah dipahami oleh anak , misalnya cerita wayang dimana disini bisa kita kaitkan dengan tema pembelajaran anak di TK yaitu dengan tema BINATANG dan disini bisa kita ambil cerita “Belalang dan Semut” .


Semut dan Belalang


" Pada siang hari di akhir musim gugur, satu keluarga semut yang telah bekerja keras sepanjang musim panas untuk mengumpulkan makanan, mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah mereka kumpulkan selama musim panas. Saat itu seekor belalang yang kelaparan, dengan sebuah biola di tangannya datang dan memohon dengan sangat agar keluarga semut itu memberikan sedikit makan untuk dirinya.
"Apa!" teriak sang Semut dengan terkejut, "tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan makanan untuk musim dingin yang akan datang ini? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?"
"Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan," keluh sang Belalang; "Saya sangat sibuk membuat lagu, dan sebelum saya sadari, musim panas pun telah berlalu."
Semut tersebut kemudian mengangkat bahunya karena merasa gusar.
"Membuat lagu katamu ya?" kata sang Semut, "Baiklah, sekarang setelah lagu tersebut telah kamu selesaikan pada musim panas, sekarang saatnya kamu menari!" Kemudian semut-semut tersebut membalikkan badan dan melanjutkan pekerjaan mereka tanpa memperdulikan sang Belalang lagi.

Ada saatnya untuk bekerja dan ada saatnya untuk bermain "
setelah bercerita guru dapat menggunakan metode tanya jawab dengan anak dengan tujuan mengembangkan perkembangan bahasa pada anak , guru dapat meminta anak untuk menjawab pertanyaan dari guru misalnya:


“ dari cerita yang ibu sampaikan siapa yang tau sifat siapa yang baik untuk kita contoh” lalu anak anak yang telah memahami cerita yang telah disampaikan kepada anak tersebut dapat menjawab pertanyaan tersebut , kemudian untuk mengembangkan bahasa anak guru juga dapat meminta anak untuk mengulang kembali cerita yang telah disampaikan guru. Dan guru dalam bercerita dengan menggunakan wayang juga bisa menggunakan keterampilan inferring (menyimpulkan). Setelah bercerita kita minta anak anak untuk menyimpulkan atau mengungkapkan apa yang mereka dapatkan dari cerita tersebut atau apa inti dari cerita tersebut kemudian setelah anak menyimpulkan cerita tersebut guru dapat menyimpulkan kembali isi atau pesan yang disampaikan dalam cerita tersebut .


0 komentar:

Posting Komentar