A.Perencanaan
Menurut pengertiannya, perencanaan merupakan suatu
strategi untuk mencapai suatu sasaran yang hendak dicapai. Karena itu
perencanaan harus dibuat diawal suatu kegiatan tanpa menutup kemungkinanan
untuk mengadakan perbaikan atau penyempurnaan ketika kegiatan itu dilaksanakan.
Pihak sekolah harus dapat merencanakan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam kurun waktu satu tahun, dengan
peserta didiknya yang melibatkan peranan orangtua dan kolaborasi orangtua dan
guru.
Guru dan orangtua siswa adalah dua aspek yang tidak bisa
dipisahkan. Keduanya adalah mitra sejajar yang berperan sangat penting dalam
pendidikan seorang anak. Sekolah tidak mampu berjalan sendirian, orangtua pun
tidak bisa berjalan sendiri melaksanakan pendidikan untuk anak-anaknya.
Disinilah kemitraan itu dibangun, yang berupa kolaborasi dan komunikasi yang
efektif.
Contoh pelaksanaan perencanaan kolaborasi di PAUD :
1. Kegiatan
awal tahun
·
Penerimaan murid baru, hal ini dimaksudkan untuk
mendata murid yang masuk kesekolah tersebut serta menjalin kerjasama dengan
orangtua untuk mengetahui latar belakang kehidupan anak
·
Pihak sekolah membagikan semacam angket partisipasi
orangtua dengan maksud untuk mendapatkan gambaran tentang tipe orangtua apakah
orangtua itu mau berperan langsung atau justru bersifat pasif karena
keterbatasan waktu yang dimilikinya.
·
Pertemuan awal tahun, menjelaskan tentang kegiatan
yang ada disekolah tersebut baik kegiatan akademik maupun kegiatan non
akademik, selain itu juga mengeratkan hubungan antara guru dan orangtua serta
memperkenalkan seluruh komponen sekolah kepada orangtua.
2. Kegiatan
pertengahan tahun
·
Mengedarkan surat kabar sekolah ( newsletter ) yang berisi seputar aktivitas dan kegiatan
yang akan diselenggarakan sekolah dengan maksud memberi tahu orangtua anak.
·
Laporan perkembangan anak baik bersifat mingguan,
bulanan, maupun semester, itu merupakan suatu cara yang digunakan sekolah agar
orangtua dapat mengetahui perkembangan anaknya dan membantu proses belajar
serta orangtua dapat bekerja sama untuk memotivasi belajar anak
·
Mengadakan workshop orangtua yang berisi tentang
bagaimana guru mengajarkan sebuah program belajar kepada anak dikelas, misalnya
mengajarkan konsep bilangan genap dan ganjil 1 sampai 10 yang bertujuan agar
terjadinya keselarasan sistem pengajaran antara rumah dan sekolah
·
Mengadakan kunjungan orangtua ke kelas ( Parent day ),
sekolah dapat mengadakan program kunjungan satu hari orang tua ke sekolah
dengan tujuan agar orang tua bisa mengamati apa yang dilakukan anaknya dikelas
dan bagaimana anaknya berinteraksi dengan guru dan teman sebayanya.
·
Pameran kegiatan anak, misalnya anak menunjukan hasil
pekerjaan atau kerajinan seni prakaryanya yang selama ini dilakukan anak
dikelas. Dengan tujuan menunjukkan karya anak kepada orangtua dan agar orangtua
dapat mengapresiasi hasil karya anak.
·
Buku komunikasi yang merupakan jembatan komunikasi
antara guru dan orang tua tentang anaknya dalam bentuk laporan harian yang
lebih informal.
·
Case conference meruapakan rapat atau konferensi
tentang kasus. Biasanya digunakan dalam bimbingan dan konseling, dengan tujuan
mencari jalan yang paling tepat agar masalah anak didik dapat diatasi dengan
baik.
·
Kunjungan Rumah, agar terjalin kerjasama dan
silaturahmi antara orangtua dan guru yang tidak hanya disekolah saja, serta
memberikan pemikiran positif pada anak bahwa sekolahnya selalu
memperhatikannya.
3. Kegiatan
akhir tahun ajaran
·
Rapat internal guru kelas dan orang tua murid,
pertemuan ini biasanya diadakan pada saat akhir semester dimana guru
menyampaikan laporan tertulis tentang perkembangan siswa (Report Book).
·
Karya Wisata dengan melibatkan guru dan orangtua
murid, dengan maksud tetap menjalin kehangatan silaturahmi antara guru, murid,
dan orangtua.
B. Pelaksanaan
Dalam melaksanakan program –
program yang telah dirancang guru dan orangtua, diperlukan koordinasi kerja dari personil – personil yang terlibat. Setiap
personilnya harus tahu tugas dan tanggung jawab yang harus diembannya dalam
rangka pelaksanaan program hubungan sekolah dan orangtua tersebut. Dalam
melaksanakan program – program tersebut juga memerlukan teknik pelaksaan atau
aplikasi dari setiap program tersebut, jangan sampai program – program tersebut
hanya dirancang namun pelaksaannya btidak sesuai atau tidak mencapai tujuan
yang seharusnya dicapai dalam program tersebut. Suatu pelaksaan membutuhkan
kemampuan atau keterampilan tersendiri diantaranya keterampilan, mengelola
kepemimpinan, praktek dalam setiap tahapan kegiatan.
Dalam menjalankan dan
melibatkan orangtua dalam lembaga pendidikan PAUD agar dapat berjalan optimal
diantaranya :
·
Tetap berpegang pada perencanaan yang telah dibuat
·
Pihak – pihak yang terlibat harus mempersiapkan diri
dalam menjalankan tugasnya
·
Semua kebutuhan harus dipersiapkan dari awal
·
Seandainya perlu, lakukan gladi resik
·
Harus peka tehadap segala kemungkinan yang terjadi
·
Lakukan koordinasi lapangan dan penanggungjawab dalam pengambilan
keputusan yang diperlukan
·
Jangan mengabaikan masalah – masalah kecil yang
terjadi
C.
Evaluasi
Untuk melihat efektivitas
dan efisien program hubungan sekolah dan orangtua, diperlukan evaluasi.
Evaluasi adalah suatu proses kegiatan penilaian terhadap kegiatan – kegiatan
yang berjalan dan terhadap hasil yang dicapai. Evaluasi juga menjadi tolak ukur
untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Dengan begitu semua masukan – masukan
diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan hubungan orangtua dan sekolah.
Implikasinya di dalam
kolaborasi guru dan orangtua adalah :
·
Terlaksana atau tidaknya suatu perencanaan
·
Tercapai atau tidaknya tujuan kolaborasi
Cara melakukan evaluasi program keterlibatan otangtua di lembaga TK
yaitu melakukan review kegiatan secara menyeluruh baik sebelum, sedang, maupun
sesudah program. Evaluasi ini dapat dilakukan secara formal dan informal.
siip...
BalasHapusThanks, sangat bermanfaat
BalasHapusSangat menarik, kerjasama antara semua komponen pendidikan anak usia dini memang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak, itulah pentingnya Parenting, terima kasih, sukses selalu
BalasHapus